PEKAN ARABI TAM 2019 DAN MEMPERINGATI HARI BAHASA ARAB SEDUNIA

Ta’lim al-Arabiyah al-Mukatstsaf (TAM) adalah matakuliah yang disediakan untuk para mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab semester satu di IAIN Kediri. Matakuliah ini bertujuan untuk mempersiapkan para mahasiswa sedari awal dengan keterampilan-keterampilan berbahasa Arab, meliputi; istima’, kalam, qiroah, kitabah, dan qawaid. Matakuliah ini diajarkan secara intensif; sebanyak delapan kali tatap muka dalam satu minggu, dengan bobot 2 sks pada setiap tatap muka.

Pada tanggal 9 – 12 Desember 2019, saat menjelang UAS, para dosen TAM menyelengarkan kegiatan yang bertajuk “Pekan Arabi TAM 2019 dan Memperingati Hari Bahasa Arab Sedunia”. Kegiatan ini berisikan perlombaan-perlombaan antar mahasiswa TAM 2019. Mahasiswa TAM yang terdiri dari lima lokal kelas, wajib mengirimkan delegasi untuk setiap perlombaan dengan memastikan setiap mahasiswa mendapatkan jatah untuk ikut berpartisipasi, minimal dalam satu lomba. Perlombaan TAM 2019, meliputi: 1) Khitobah, 2) Kaligrafi, 3) Qiroatus Syi’ir, 4) Qiroatul Akhbar, 5) Masrohiyah, 6) Ghina’ Arabiy, 7) Tathwirul Mufrodat, 8) Taqdimul Qisshoh, 9) Munadhoroh, dan 10) Qiroatul Kutub.

Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi mahasiswa, karena selain dapat menjadi suasana baru dalam pembelajaran, kegiatan ini tentu juga dapat meningkatkan keterampilan bahasa Arab mahasiswa dengan mempraktekkannya secara langsung. Pada akhirnya, diharapkan mereka akan siap menghadapi matakuliah-matakuliah PBA pada semester berikutnya.

Pada Kamis 12 Desember 2019, kegiatan ini diakhiri dengan perlombaan masrohiyah dan dilanjutkan dengan penutupan dan pengumuman juara oleh Dr. Yuyun Zunairoh, M.Pd, selaku kaprodi PBA IAIN Kediri. Atusiasme yang tampak, baik dari para mahasiswa dan para dosen dalam melaksanakan segala perlombaan TAM 2019 menambah kesan positif dalam kegiatan ini, sehingga diyakini bahwa matakuliah TAM dan segala kegiatan yang tercakup di dalamnya, akan berdampak signifikan pada keterampilan mahasiswa. [mos]

Tinggalkan Balasan