Tingkatkan Kapasitas Dosen Menuju Program Studi Unggul, Program Studi PBA IAIN Kediri Gelar Workshop Kurikulum dan Pengembangan RPS Berbasis Outcome Based Education

Rabu (28/2), Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah IAIN Kediri gelar workshop kurikulum dan pengembangan RPS berbasis outcome based education. Bertempat di Aula Gedung M Fakultas Tarbiyah, kegiatan tersebut dihadiri oleh seluruh dosen dari Prodi Pendidikan Bahasa Arab serta melibatkan beberapa mahasiswa dan stakeholder.

Workshop tersebut menghadirkan 2 narasumber ahli yaitu Prof. Dr. Drs. Maman Suryaman, M.Pd, pakar kurikulum Pendidikan Bahasa Universitas Negeri Yogyakarta dan Dr. Nuryani, M.Pd,, koordinator program studi Pendidikan Bahasa Arab dari UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Dalam workshop tersebut, Prof. Maman memaparkan bahwa ada 5 prinsip dalam kurikulum berbasis Pendidikan Outcome (Outcome Based Education) / OBE. Yaitu: (1) Fokus pada Capaian Pembelajaran yang ditentukan; (2) CP harus disusun berdasarkan visi dan misi PT dan tujuan program studi serta sesuai dengan Profil Lulusan dengan selalu menyesuaikan pada para pemangku kepentingan (internal dan eksternal); (3) Rancangan kurikulum harus ditinjau secara menyeluruh; (4) Kesempatan belajar mahasiswa difasilitasi sampai pada bentuk tugas, projek, praktik, e-learning, dan mentoring; dan (5) Siklus pendidikan berbasis capaian program meliputi disain kurikulum, peta kurikulum, implementasi pembelajaran, asesmen MK dan CPL, benchmarking, tindak lanjut dan peningkatan mutu, sampai kemudian merevisi CPL yang terukur.

Di sisi lain, Dr. Nuryani sebagai narasumber yang membahas langsung materi terkait kurikulum OBE di prodi PBA menjelaskan, setidaknya ada 4 kunci dari pengembangan kurikulum dalam pembelajaran ada 4, yaitu: (1) Ro`sun; yang meliputi berpikir kritis, dan meningkatkan literasi; (2) Yadun; yang berarti memiliki perencanaan dan serta realisasi yang matang; (3) Qalbun; yaitu melaksanakan pembelajaran dengan penuh cinta, empati, kelembutan, dan kesantunan; dan (4) Lisan; yang berarti senantiasa melibatkan doa dalam setiap kegiatan pembelajaran.

Selain memberikan pemaparan terkait implementasi kurikulum dalam pembelajaran PBA, Ustadz Nuryani (begitu sapaan akrabnya), juga banyak memberikan masukan untuk kurikulum dan RPS program studi PBA IAIN Kediri. Beliau menjelaskan bahwa kurikulum dan RPS yang berbasis outcome based education (OBE) merupakan pendidikan yang menekankan pada hasil (outcome) yang dapat dilakukan mahasiswa di akhir pengalaman belajar mereka. Sebagai contoh adalah adanya luaran/produk yang relevan dari tiap-tiap mata kuliah yang diajarkan, seperti buku saku mufradat, buku antalogi pusi (sastra Arab), buku insya’, dan lain sebagainya. Melalui materi-materi yang telah disampaikan oleh kedua narasumber pada workshop kurikulum tersebut, diharapkan dapat menjadi referensi bagi program studi PBA IAIN Kediri untuk terus mengembangkan kurikulum dan pembelajaran PBA sehingga visi dan misi Program Studi PBA untuk menjadi Prodi yang unggul dan kompetitif dapat diwujudkan. (Anb)

Tinggalkan Balasan