Menggapai Rekognisi Mengejar Mutu; Kerja sama dengan Prodi PBA Alauddin Makassar

Mengawali tahun 2022, Prodi PBA menjalin upaya kerja sama dengan beberapa kampus dalam upaya meningkatkan kualitas layanan pembelajaran. Kerja sama yang dilakukan melalui benchmarking ini diharapkan dapat membangun sinergi mutualisme sesama Prodi PBA untuk saling memberikan informasi positif yang ada pada masing-masing Prodi. Kali ini benchmarking dilakukan ke Prodi PBA UIN Alauddin Makassar, pada Kamis 10 Pebruari 2022. Kegiatan ini juga diikuti semua Prodi pada Fakultas Tarbiyah IAIN Kediri.

Mengambil tempat di Gedung Prodi PPG UIN Alauddin Makassar, kegiatan benchmarking dibuka dengan sambutan Dekan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Dr. H.A Marjuni, M.Pd.I. Dalam sambutannya, beliau menyambut baik kerja sama kelembagaan antara Fakultas Tarbiyah IAIN Kediri dengan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar. Melalui kerja sama ini diharapkan dapat membangun komitmen kerja, yakni kerja ikhlas, kerja cerdas, dan kerja tuntas.

Sementara pada sesi brainstorming Prodi, dibahas tentang rencana kerja sama rekognisi dosen melalui pertukaran narasumber kegiatan. Diharapkan mahasiswa mendapatkan sharing keilmuan dari berbagai latar belakang dosen yang berbeda, sesuai dengan karakteristik dan kearifan lokal yang diusung oleh masing-masing Prodi. Kerja sama juga dilakukan melalui pertukaran naskah jurnal pada masing-masing Prodi, yakni Shaut al-‘Arabiyyah milik PBA UIN Alauddin Makassar dan Asalibuna PBA IAIN Kediri.

Beberapa isu pembahasan menarik banyak digali pada sharing pengalaman pengelolaan dan layanan Prodi. Seperti penerapaan kurikulum Merdeka Belajar (MBKM), pengembangan judul skripsi mahasiswa, audit mutu internal, hingga layanan administrasi Prodi kepada mahasiswa. MBKM dilakukan melalui pertukaran matakuliah antar prodi dalam kampus dan juga kegiatan magang. Untuk tugas akhir skripsi mahasiswa dapat mengambil tema kependidikan dan gramatika kebahasaan. Adapun penjaminan mutu dilakukan melalu Gugus Penjaminan Mutu di Prodi, Komite Penjaminan Mutu di Fakultas, yang memiliki koordinasi struktural ke Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) Universitas. 

Sebagai penutup, dilakukan penandatangan Perjanjian Kerja Sama yang dilakukan oleh Ahmad Sholihuddin, Kaprodi PBA IAIN Kediri dengan Dr. Rappe, M.PdI. Pada kesempatan itu disampaikan juga   rancangan implementasi kerja sama sebagai tindak lanjutnya. Sekprodi PBA IAIN Kediri M. SHoleh Afiyuddin menutup acara penandatangan naskah kerja sama dengan penyerahan cinderamata kepada Sekprodi PBA UIN Alauddin Makassar Ahmad Munawir Lc, M.PdI, berupa beberapa buku karya Dosen yang salah satunya adalah buku Tadris Arabiyyah Mukatsafah. (shol)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *