Pengembangan Kurikulum KKNI Prodi Pendidikan Bahasa Arab: “Redesain Kurikulum mengacu KKNI dan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka”

Kegiatan ini mengusung tema: Redesain Kurikulum Prodi Pendidikan Bahasa Arab Mengacu KKNI dan Kebijakan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka. Kegiatan ini dilaksanakan selama 3 hari, pada tanggal 13 – 15 Oktober 2020 dan mengadakan RDK bersama seluruh dosen PBA, stakeholder, perwakilan alumni, dan pejabat eselon di IAIN kediri.

Pada hari pertama seluruh dosen PBA mengikuti webinar yang diselenggarakan oleh Fakultas Tarbiyah IAIN Kediri, dengan narasumber Prof. Sutrisno (UIN Yogyakarta) dan Dr. Agus Maimun (UIN Malang), guna memperoleh tambahan informasi terkait kurikulum Merdeka Belajar-Kampus Merdeka yang relatif masih baru dan belum banyak diketahui detailnya saat itu.

Pada hari kedua, para dosen PBA melakukan peninjauan kembali terhadap kurikulum PBA secara internal, guna menemukan poin-poin yang perlu direvisi dan disesuaikan dengan KKNI dan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka. Seluruh struktur kurikulum dikupas mulai dari Visi-Misi hingga pada sebaran matakuliah.

Pada hari ketiga, diadakan RDK yang mengundang para stakeholder, alumni dan dekanat. Selain itu, diundang pula Dr. Mamluatul Hasanah, M.Pd. kaprodi UIN Malang sebagai narasumber dan memberikan seminar atau brainstorming terkait pengalamannya di UIN Malang yang terlebih dahulu telah menyelesaikan konsep kurikulum Merdeka Belajar-Kampus Merdeka. Kegiatan pada hari  ketiga ini menggunakan format workshop dan menghasilkan output berupa kurikulum yang telah direvisi. Namun, karena kegiatan ini bukanlah kegiatan yang sederhana, mengingat muatan dan outputnya yang berkaitan dengan kurikulum Prodi PBA, sehingga tidak dapat diselesaikan dalam sekali kerja. Seluruh tim dan dosen beberapa kali melaksanakan rapat terkait penyusunan kurikulum ini guna menyesuaikannya dengan konsep KKNI dan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka. [mos]

Tinggalkan Balasan