Rakernas dan Semiloka Perkumpulan Program Studi Pendidikan Bahasa Arab (PP-PBA) dan MOA bersama 14 Program Studi Pendidikan Bahasa Arab

Kegiatan ini diselenggarakan di Batu Malang, pada 24 – 25 Agustus 2022, oleh Asosiasi Program Studi Pendidikan Bahasa Arab yang terkumpul dalam PP-PBA Indonesia. Peserta kegiatan ini adalah seluruh pimpinan Program Studi Pendidikan Bahasa Arab dari PTN, PTKIN, PTKI dan seluruh perguruan tinggi di Indonesia yang memiliki program studi Pendidikan Bahasa Arab.

Kegiatan ini mengangkat tema tentang Best Practice Kurikulum PBA Berbasis MBKM, Bedah Instrumen Akreditasi Program Studi, dan Akreditasi Internasional (AQAS). Kegiatan dibuka oleh Dr. Dedih Wahyuddin, M.Ag. Ketua Perkumpulan Prorgam Studi Pendidikan Bahasa Arab (PP-PBA) dan Dr. Tulus Musthofa, M.Pd. ketua Ittahadu Mudarrisil Lughah al-Arabiyah (IMLA). Narasumber dalam kegiatan ini, 1) Prof Yayan Nurbayan, M.Ag, 2) Hanik Mahliatussikkah, M.Hum, 3) Dr. Abd. Syakur, M.Pd., 4) Dr. Nurhadi, MA., 5) Dr. Singgih Kuswardono, M.A.

Rangkaian kegiatan ini dimulai dengan penandatanganan MOA antar Program Studi Pendidikan Bahasa Arab yang telah bersepakat untuk bekerjasama dalam bidang tertentu dan juga MOA dengan PP-PBA dalam bidang penguatan tri dharma perguruan tinggi. Dilanjutkan dengan FGD tentang implementasi MOA dalam skema MBKM ataupun kerjasama lainnya.

Pada hari kedua kegiatan diisi dengan FGD dan presentasi konsep MBKM dari beberapa perguruan tinggi yang sudah menjalankan kurukulumnya. Dengan didampingi oleh para narasumber tersebut di atas yang sangat mumpuni dalam materi yang disampaikan, maka kegaitan ini berjalan dengab sangat baik dan membawa hasil yang baik.

Ada beberapa hasil dari kegiatan ini, di atntaranya bersifat input pengetahuan dan pengalaman yang diperoleh dari rakernas dan semiloka tentang best practice dalam MBKM, dokumen kurikulum, bedah instrument APS Lamdik, dan akreditasi internasional AQAS. Selain itu, dalam kegiatan ini juga dilakukan penandatanganan naskah kerjasama antara PBA IAIN Kediri dengan 15 Program Studi Pendidikan Bahasa Arab dari Perguruan Tinggi lainnya guna penguatan tri dharma perguruan tinggi, yaitu:

  1. Perkumpulan Program Studi Pendidikan Bahasa Arab (PP-PBA) (lihat dokumen)
  2. Universitas Negeri Malang
  3. UIN Raden Intan Lampung (lihat dokumen)
  4. UIN Raden Mas Said Surakarta (lihat dokumen)
  5. IAIN Curup (lihat dokumen)
  6. UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung (lihat dokumen)
  7. IAIN Ponorogo (lihat dokumen)
  8. Universitas Yudharta Pasuruan (lihat dokumen)
  9. Universitas Wahab Hasbullah (lihat dokumen)
  10. Universitas Darussalam Gontor
  11. STAI Syaichona Cholil Bangkalan
  12. INSTIKA Annuqoyyah (lihat dokumen)
  13. Universitas Islam Zainul Hasan Genggong
  14. Institut Sunan Drajat Lamongan (lihat dokumen)
  15. Universitas Pendidikan Indonesia (lihat dokumen)

Beberapa MOA yang ditandantani juga telah didiskusikan untuk selanjutnya dilaksanakan implementasi kegiatan. (Afy)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *