RAPAT DOSEN: EVALUASI PERKULIAHAN DAN KOORDINASI AWAL SEMESTER BARU (TA 2021-2022)

Senin, 31 Januari 2022, dalam rangka menutup akhir perkuliahan semester ganjil pada tahun ajaran 2021-2022, program studi PBA IAIN Kediri menyelenggarakan rapat evaluasi yang dihadiri oleh seluruh dosen prodi PBA. Berlangsung dari jam 08.30 WIB hingga 11.00 WIB, rapat tersebut membahas beberapa hal yang berkaitan dengan evaluasi serta refleksi dari perkuliahan yang sudah dilaksanakan selama satu semester yang lalu, kinerja prodi PBA, serta membahas tentang persiapan perkuliahan semester genap tahun ajaran 2021-2022 yang akan dimulai pada akhir Februari mendatang.

Dalam pembahasan evaluasi perkuliahan semester ganjil, tidak ada problematika yang signifikan. Kecuali pergantian sistem perkuliahan yang akan dilaksanakan secara tatap muka pada semester depan yang tentu memerlukan penyesuaian dan persiapan kembali setelah perkuliahan dilaksanakan secara daring selama 2 tahun terakhir.

Disamping evaluasi perkuliahan, Ketua Prodi PBA, Ahmad Sholihuddin, M.Pd bersama Sekretaris Prodi, Sholeh Afyuddin, M.Pd juga menyampaikan sebaran mata kuliah pada kurikulum Merdeka Belajar – Kampus Merdeka (MBKM) yang sudah mulai diterapkan pada perkuliahan kurikulum 2021-2022. Beberapa perguruan tinggi juga telah bersedia untuk menjalin kerjasama dengan IAIN Kediri, khususnya pada program studi PBA dalam rangka mendukung keberhasilan MBKM. Sehingga diharapkan kurikulum MBKM yang telah diterapkan pada mahasiswa Angkatan 2021 dapat benar-benar mengembangkan kemampuan mahasiswa demi terwujudnya sistem pendidikan di Perguruan Tinggi secara optimal.

Mendukung tercapainya hal tersebut, maka perkuliahan semester mendatang yang akan dilaksanakan secara tatap muka perlu adanya persiapan yang maksimal, terutama dalam hal muatan materi yang akan disampaikan kepada para mahasiswa. Oleh karenanya, dalam hal ini, rapat tersebut juga membahas tentang rencana pengklasifikasian dosen PBA berdasarkan rumpun keilmuan, sehingga Rencana Pembelajaran Semester (RPS) serta Silabus yang disusun dapat mencapai target yang diharapkan oleh prodi.

Selain evaluasi perkuliahan semester ganjil dan persiapan perkuliahan semester genap, dalam rapat tersebut juga dibahas terkait dua agenda besar prodi PBA pada tahun 2022, yaitu: Konferensi Ilmiah Nasional dan Benchmarking Perguruan Tinggi yang akan diselenggarakan pada pertengahan tahun. Dua kegiatan tersebut dilaksanakan sebagai salah satu upaya untuk mengenalkan prodi PBA ke masyarakat luas serta untuk mengembangkan kinerja prodi PBA yang lebih optimal. (Anb)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *