Menyambut Tahun Ajaran 2024-2025, Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Sosialisasikan Visi Keilmuan dan Roadmap Penelitian kepada Mahasiswa

Dalam rangka sosialisasi lanjutan tentang visi keilmuan yang baru dan roadmap penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang telah disusun sebelumnya, pada Kamis (1/8), Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah gelar sosialisasi bersama para mahasiswa secara daring melalui platform google meet. Sosialisasi kali ini berfokus kepada para mahasiswa semester 7 (tujuh) yang akan segera melaksanakan tugas akhir yaitu skripsi. Hal ini dilakukan sebagai wujud tindak lanjut dari indikator ketercapaian visi keilmuan yang baru dan roadmap penelitian yang telah dirapatkan sebelumnya.

Mengacu pada visi kelimuan Prodi PBA yang baru, yaitu “Mengembangkan Ilmu Pendidikan Bahasa Arab Berbasis Teknologi Informasi dengan Mengintegrasikan Keislaman dan Keindonesiaan”, diharapkan seluruh penelitian yang akan dilaksanakan juga mengusung tema yang selaras dengan visi tersebut. Tak hanya itu, beberapa tema besar penelitian yang relevan dengan roadmap penelitian yang telah disusun juga ditawarkan kepada mahasiswa untuk dijadikan insight dalam menentukan penelitian dalam tugas akhir mereka.

Sebut saja roadmap penelitian pada tahun sebelumnya yang berfokus pada pengembangan kurikulum, pengembangan pembelajaran, hingga pada pengembangan produk untuk meningkatkan maharah lughawiyah dan linguistic Arab, maka dalam roadmap penelitian selanjutnya (dalam hal ini adalah tahun ini), maka penelitian akan dikembangkan ke arah pembelajaran berbasis digital, pengembangan produk berbasis teknologi, serta analisis pembelajaran bahasa Arab berbasis teknologi yang saat ini memang sedang gencar dilaksanakan di berbagai lembaga pendidikan.

Antusias dan semangat para mahasiswa semester akhir yang mengikuti sosialisasi ini diharapkan menjadi pijakan yang kuat sebagai langkah awal dalam mencapai visi dan roadmap penelitian yang telah disusun untuk menuju Program Studi PBA yang unggul. (Anb)

Tinggalkan Balasan