Menuju Unggul, Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Sosialisasikan Visi Keilmuan kepada Dosen dan Tenaga Kependidikan

Rabu (15/5) Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah IAIN Kediri gelar sosialisasi Visi, Misi, Tujuan, dan Strategi (VMTS) Program Studi. Kegiatan ini menghadirkan seluruh dosen Prodi PBA tanpa terkecuali serta seluruh tenaga kependidikan di prodi ini. Bertempat di meeting room Fakultas Tarbiyah, kegiatan ini berjalan khidmat dan lancar serta berhasil mensosialisasikan visi keilmuan Program Studi Pendidikan Bahasa Arab yang baru.

Dalam sosialisasi visi keilmuan Prodi ini, banyak masukan yang didapatkan dari segenap anggota yang hadir. Diantaranya masukan terkait penggnaan diksi, spesifikasi distingsi, hingga langkah-langkah yang mungkin bisa diimplementasikan dalam rangka mencapai visi tersebut.

Ada beberapa perbedaan antara visi keilmuan Prodi PBA yang sebelumnya dengan visi keilmuan yang sekarang. Sebelumnya, visi Prodi PBA adalah “Unggul dan kompetitif dalam bidang pendidikan bahasa Arab di tingkat Asia Tenggara dengan mengintegrasikan keilmuan, keislaman, dan keIndonesiaan pada tahun 2033”, sedangkan dalam redaksinya yang baru, visi Prodi PBA menjadi “Mengembangkan Ilmu Pendidikan Bahasa Arab Berbasis Teknologi Informasi dengan Mengintegrasikan Keislaman dan Keindonesiaan”. Dalam sosialisasi ini dijelaskan, bahwa penyusunan visi keilmuan Prodi PBA tak bisa lepas dari visi kelembagaan Institusi maupun Fakultas. Sehingga dalam pelaksanaannya pun semua visi harus berjalan beririingan guna mencapai tujuan bersama.

Di sisi lain, perubahan visi keilmuan dari yang sebelumnya, akan berdampak pada seluruh rangkaian pelaksanaan tridharma oleh Prodi PBA. Dimulai dari implementasi pembelajaran, pelaksanaan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, hingga pada luaran yang ingin dicapai dari setiap mata kuliah. Oleh karenanya, guna mengukur ketercapaian visi keilmuan Prodi PBA, turut serta disosialisasikan indikator-indikator yang dapat dijadikan acuan oleh setiap dosen di Program Studi ini. Adapun indikator-indikator yang dimaksud termaktub dalam gambar berikut. (Anb)

Tinggalkan Balasan