Pekan Araby 2021: Semarakkan Hari Bahasa Arab Sedunia melalui Kompetisi Bahasa Arab Mahasiswa

Pekan Araby TAM merupakan ajang kompetisi antar mahasiswa baru pada program studi Pendidikan Bahasa Arab IAIN Kediri yang secara rutin dilaksanakan pada akhir perkuliahan di semester ganjil. Pekan araby pada tahun 2021 ini juga merupakan bentuk kegiatan untuk memperingati Hari Bahasa Arab Sedunia yang jatuh pada tanggal 18 Desember mendatang. Diselenggarakan pada tanggal 14 – 16 Desember 2021, kegiatan ini bertempat di Gedung Aula TIPD lantai 2 IAIN Kediri.

Antusiasme para mahasiswa dan dosen sangat tinggi dalam penyelenggaraan pekan araby 2021 ini. Betapa tidak, setelah tahun lalu dilaksanakan secara virtual karena pandemi covid-19, pada tahun ini kegiatan pekan araby dapat dilaksanakan secara offline dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. Pun semester ini merupakan semester perdana yang melaksanakan kuliah secara offline setelah beberapa waktu perkuliahan dilaksanakan secara online.

Pekan araby sendiri merupakan bentuk aktualisasi dari mata kuliah Tadris al-Arabiyah al-Mukatsaf yang telah dipelajari oleh mahasiswa selama 1 semester. Adapun beberapa jenis lomba yang dikompetisikan antara lain 1) Musabaqah Qira’atul Kutub, 2) Khitobah, 3) Imathoh, 4) Munadharah ‘Ilmiah, 5) Kaligrafi, 6) Ghina’ Araby, serta 7) Video Konten Pembelajaran Bahasa Arab, yang mana berbagai jenis perlombaan tersebut wajib diikuti oleh setiap mahasiswa dari empat kelas TAM di semester ini.

Ahmad Sholihuddin, M.Pd sebagai Ketua Program Studi Pendidikan Bahasa Arab menuturkan “salah satu tujuan diselenggarakannya lomba TAM ini adalah untuk melatih mahasiswa dalam menciptakan bi’ah (lingkungan) dan melatih kemampuan berbahasa arab mahasiswa dimanapun dan kapanpun ia berada, baik dalam pembelajaran di kampus ataupun di luar kampus, baik secara offline ataupun secara online” tutur beliau pada pembukaan pekan araby, Selasa (14/12/2021).

Pada akhirnya kegiatan ini bertujuan untuk mengasah kemahiran Bahasa Arab serta sebagai wadah untuk mengekspresikan segala bentuk keterampilan berbahasa arab yang dimiliki oleh para mahasiswa. Seperti yang telah disampaikan Sekretaris Program Studi Pendidikan Bahasa Arab “Mahasiswa PBA IAIN Kediri adalah mahasiswa yang berprestasi. Pada tahun 2021 ini saja banyak nama-nama baru yang turut menorehkan prestasi di berbagai ajang perlombaan. Sehingga diharapkan setelah kegiatan pekan Araby ini selesai, tidak menyurutkan semangat para mahasiswa baru untuk berkompetisi, baik di dalam kampus ataupun di luar kampus, dan selalu semangat untuk mengembangkan keterampilan Bahasa Arab” Ungkap Sholeh Afyuddin, M.Pd pada penutupan pekan araby, Kamis (16/12/2021) siang. Melalui kegiatan ini pula diharapkan seluruh mahasiswa dapat mengembangkan kemampuan Bahasa Arab untuk bekal mengikuti perkuliahan pada semester-semester selanjutnya. (Anb)

Tinggalkan Balasan