Kuliah Umum Pembelajaran Bahasa Arab

Program Studi Pendidikan Bahasa Arab (PBA) Fakultas Tarbiyah IAIN Kediri mengadakan Kuliah Umum tentang Pembelajaran Bahasa Arab pada 16 Maret 2020. Acara ini bertempat di meeting room gedung fakultas tarbiyah dengan Tema “Strategi Pembelajaran Bahasa Arab bagi Non-Arab”.

Kuliah Umum ini menghadirkan pembicara dari Mesir yaitu Syech Bilal Afifi. Acara ini diwajibkan bagi mahasiswa semester 1, yang bertujuan untuk mengasah kemampuan kalam dan istima’ bagi mahasiswa. Dengan adanya nara sumber yang asli dari Arab, diharapkan para mahasiswa mampu untuk memahami bahasa arab yang disampaikan oleh pemateri dengan lahjah Arab secara langsung. Sebelum menyampaikan materi, acara terlebih dahulu diawali dengan doa bersama.

Dengan adanya acara ini harapannya kepada para mahasiswa untuk bisa memanfaatkan acara ini dengan sebaik mungkin karena moment bertemu dengan dengan penutur bahasa aslinya seperti ini sangat jarang.

Syech Bilal Afifi menyampaikan kepada peserta akan pentingnya penguasaan strategi belajar maupun mengajar kosakata atau mufradât yang merupakan pokok dalam menguasai skill berbahasa. Menurut narasumber, strategi pembelajaran kosakata bahasa Arab bisa dilakukan dengan pendekatan linguistik maupun non linguistik. Pendekatan linguistik misalnya dengan mendeskripsikan pengertian kosakata itu dan menyebutkan sinonim serta antonim dari kata itu. Sementara pendekatan non linguistik misalnya yaitu dengan gambar, isyarat dan peragaan. Hadir dalam acara ini kurang lebih 100 peserta yang terdiri dari mahasiswa PBA, khususnya semester 1, dan para dosen.

Sebelum mengakhiri penjelasan tentang strategi pembelajaran bahasa Arab, Syech Bilal Afifi berpesan sedikit tentang besarnya rahmat dan kasih sayang Allah kepada hambanya, melebihi sayangnya ibu kepada anaknya. (ar)

Tinggalkan Balasan